Sabtu, 18 Mei 2019

Kolak ubi dan sirup jenifer

Kolak Ubi dan Sirup Jenifer
Kebiasaan di desa Bandorasa Kulon kegiatan masyarakatnya membauat kolak dari ubi. Hal ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap bulan Ramadhan. Dan juga sebuah minuman yang sangat terkenal di Kuningan yaitu sirup jenifer.
Setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda-beda seperti isian kolak, di desa kami biasanya isiannya adalah kolang-kaling, pacar cina dan tentunya ubi itu sendiri. Ubi memIliki warna yang berbeda seperti merah,putih,kuning, dan palaing yang mencolok adalah ungu.
Tidak kalah juga sirup jenifer yang terbuat dari sari-sari markisa yang telah di produksi masal oleh masyarakatnya sehingga sirup ini cocok untuk sajian berbuka puasa. Biasanya masnyarakaat hanya mencampurkan dengan es dan air sedikit.
Semua kebiasaan itu terjadi secara turun-menurun karena setiap sajian itu ada setiap bulan Ramadhan saja dan hari biasanya tidak ada disetiap rumahnya masyarakatnya.
Masyarakat juga sudah terbiasa juga mengomsumsi itu setiap bulan Ramadhan. Contohnya saja keluarga kami yang bisa kita pikirkan ketika buka puas minum sirup jenifer dan setelah itu kita makan kolak sesudah sholat maghrib.
Ada dalam benak saya mengapa bulan Ramadhan itu di indetikan dengan kolak, setelah dipikir-pikir dan melihat para tetangga bikin kolak dansirup jenifer memang semua itu sudah jadi kebiasaan di desa kami.
Tidak tau dari mana awal mulanya semua itu menjadi kebiasaan, tetapi menurut keluarga saya membuat kolak dengan ubi. Pada saat ubi panen yang melimpah sehingga masyarakat jadi bingung harus di apakan namun dengan ketidak sengajaan masyrakat mulai membuat kolak mencampurkan dengan ubi. Berbeda lagi dengan sirup jenifer yang mencoba sekelompok masyarakat membuat siruf hamper sama dengan perihal tadi, karena melimopah dan harus diapakan. Mereka mulai membuat sirup itu dan dijual ke halayak umum.
Biasanya ubi di desa kami juga di jual ke luar kota dan hasilnya lumayan walaupun kadang harga naik turun membuat para penjual merasa rugi. Begitu pula dengan sirup jenifer mulai dijual di luar kota juga apalagi sedang bulan Ramadhan hasilnya bisa berlipat-lipat.

Nama : Karniti
Kelas  : 1a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar